Selasa, 29 Juli 2014

Ayo memanjat di Gunung Parang

Gunung Parang sudah tidak lagi mengerikan dan seram seperti dahulu kala. Kini salah satu gunung batu yang tertinggi di Indonesia, sudah lumayan ramah untuk dikunjungi oleh siapa saja.

Topo Climbing Mt. Parang Tower 2
Gunung Parang ke Pentas Dunia

Diakui atau tidak diakui, berkat tangan dingin para warga yang tergabung dalam komunitas Badega Gunung Parang. Kini Gunung Parang di sulap dari gunung batu yang dingin dan seram, menjadi sebuah surga bagi setiap orang yang berkunjung.
Disini sudah disediakan beragam fasilitas bagi para pengunjung mulai dari tempat menginap, warung makanan, kamar mandi, bahkan penyewaan alat panjat tebing.

Memang jauh dari sempurna, namun langkah awal untuk mengenalkan Gunung Parang ke pentas dunia, layak untuk diacungi jempol karena semua inisiatif berasal dari warga kampung, yang mayoritas tidak memiliki latar belakang pendidikan pariwisata atau pendidikan formal lainnya.

Meski sudah tertata dengan baik, Badega Gunung Parang kini mulai mendata beberapa jalur-jalur panjat yang sudah dibuat oleh para pemanjat tebing, terutama yang layak untuk dipanjat atau yang harus direstorasi kembali.
Terutama untuk pengaman bor dan hanger yang sudah berkarat, satu demi satu di ganti dengan yang baru oleh Badega Gunung Parang dengan modal dan tenaga sendiri.
Tujuannya untuk keselamatan para pemanjat tebing yang memanjat jalur-jalur tersebut.

Restorasi Jalur Panjat baru Di Tower 3

Proyek Sosial

Proyek sosial pendataan jalur panjat dan penggantian pengaman bor memang masih jauh dari selesai, karena kekurangan tenaga dan dana. Namun dengan semangat untuk mengembangkan wilayah Gunung Parang, seluruh Tenaga dan Dana yang adapun tetap dimaksimalkan, menurut para Badega, sampai keringat dan darah penghabisan demi hidup lebih baik.

Sejauh ini, data rute pemanjatan Gunung Parang bisa di lihat di halaman ini.

Dan beberapa jalur panjat baru juga sudah dibuka di sebelah kiri jalur sejuta umat di Tower 3.
Namun baru selesai sampai di Pitch 4, rencananya akan diteruskan sampai ke puncak Tower 3.

Tertarik untuk bergabung membuka jalur baru ? 

Silahkan hubungi Badega Gunung Parang di +62 8787 4708230

Ikuti Saran Badega

Meski Gunung Parang sudah tidak menyeramkan lagi, namun para pemanjat tebing di sarankan untuk tetap berhati-hati dan memprioritaskan keselamatan. Karena biasanya kecelakaan di tebing dikarenakan faktor ceroboh dan lalai. 

Belum Ada Jalur Panjat disini, Silahkan dibuka

Ikutilah saran dari para Badega Gunung Parang, karena mereka lebih tahu kondisi dan karakter Gunung Parang sehari-hari.
Jangan pernah menyepelekan kondisi dan lingkungan Gunung Parang, karena sewaktu-waktu bahaya tetap mengancam para pemanjat tebing.

Gunung Parang memang bukan milik Badega Gunung Parang, tetapi milik Sang Khalik Penguasa Alam Semesta, Allah SWT.
Jadi tetaplah dijaga dan dirawat agar Gunung Parang dapat memberikan kontribusi dan kehidupan bagi semua orang.

Nah ... Ayo memanjat di Gunung Parang !

Belum Ada Jalur Disini... Tertarik ?

Gerbang masuk ke dinding tower 3 untuk membuka jalur baru